Selasa, 29 Desember 2009

Merah Putih Terkendala Kiper

Tim nasional (Timnas) Indonesia masih terkendala kiper menjelang laga Pra-Piala Asia (PPA) kontra Oman di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK),6 Januari nanti.

Sejauh ini 40 nama pemain Indonesia telah didaftarkan ke AFC untuk PPA 2011.Timnas memiliki jatah lima penjaga gawang, yakni M Yasir, Dian Agus Prasetyo, Markus Horison, Achmad ‘AK’ Kurniawan, dan Ferry Rotinsulu. Namun, dalam daftar 22 pemain timnas menjelang laga Oman, tim Merah Putih hanya memilih Markus,Ferry,dan AK. Ironisnya, dua penjaga ternyata masih bermasalah.

Terbukti, saat TC di SUGBK hari kedua kemarin hanya Ferry yang datang.Padahal, penjaga gawang Sriwijaya FC ini bukan kiper utama tim Merah Putih. Posisi kiper utama timnas sendiri ditempati Markus. Namun, penjaga gawang Arema Malang itu tak bisa hadir karena sakit. Sementara AK absen tanpa alasan jelas.

Karena kondisi itulah Badan Tim Nasional (BTN) menjajaki penambahan penjaga gawang kepada KonfederasiSepakBola Asia(AFC). ”Kami sedang mengusahakan ke AFC untuk penambahan penjaga gawang,” kata Ketua BTN Rahim Soekasah saat training camp (TC) tim Merah Putihdi Jakarta kemarin.

BTN memang terpaksa melobi AFC untuk menambah skuad di bawah mistar gawang. Pasalnya, dari kelima kiper yang terdaftar di AFC,sebagian besar cedera.Mereka adalah Dian (Pelita Jaya) dan Markus. Sementara Yasir tidak dipanggil timnas dengan pertimbangan masih memperkuat klubnya, Persija Jakarta.

“Cedera Dian sudah lama sehingga kami tidak memanggilnya. Saat melawan Persija, dia sebenarnya disuntik.Jadi,masa mau disuntik lagi? Saya khawatir akan menimbulkan cacat,”kata Rahim. Namun,upaya lobi BTN ke AFC tidaklah mudah.Pasalnya,badan sepak bola Asia itu libur hingga 14 Januari 2010.

Sementara laga Charis YuliantodkkbentrokOmanberlangsung 6 Januari. ”Kami akan terus berusaha, mungkin melalui surat atau telepon. Prinsipnya,yang penting disetujui dulu, masalahadministrasinya menyusul,”kata Rahim. Namun,Asisten Pelatih Timnas Sudarno berharap Markus segera bergabung dengan TC sehingga dapat memperkuat tim Merah Putih kontra juara Piala Teluk 2009 tersebut.

Namun,jika skenario terburuk terjadi, Sudarno menyodorkan penjaga gawang Jendri Pitoy untuk menempati posisi tersebut.“Ini kan masih lama.Mudah-mudahan Markus bisa tampil,”kata Sudarno. Sementara itu,Ferry mengatakan siap menjadi penjaga gawang utama timnas jika pelatih meminta menggantikan posisi Markus yang cedera.“Saya selalu siap dan bangga memperkuat tim Merah Putih,” ungkapnya.

Dalam latihan kemarin,baru 18 pemain dari 22 orang yang tergabung dalam timnas. Jumlah ini bertambah dibandingkan latihan hari perdana yang diikuti 15 pemain. Keempat pemain yang belum hadir adalah Boaz Salossa,AK, Markus, dan Rahmad Latief. Yang jelas, peluang Indonesia menembus final round di Qatar sangatlah sulit.

Sebab,saat ini tim Merah Putih masih terdampar di posisi paling bawah klasemen Grup B. Dari hasil tiga imbang dan sekali kalah, Charis dkk baru mengepak tiga poin,tertinggal satu angka dari Oman dan empat poin dari Kuwait serta Australia yang berada di peringkat 1 dan 2.Tim Merah Putih bukan sekadar wajib menang pada dua laga sisa.Tiket final round juga menunggu keajaiban Kuwait dan Oman terjerembab pada laga sisa.

0 komentar:

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP